Kegiatan Audit Mutu Akademik Internal (AMAI) merupakan bagian dari mata rantai dalam siklus dari suatu model pelaksanaan kegiatan penjaminan mutu pendidikan. Hasil dari kegiatan AMAI akan memberikan gambaran sejauh mana telah dicapai standar mutu akademik yang telah ditetapkan sebelumnya oleh suatu institusi pendidikan. Bila standar akademik yang ditetapkan belum tercapai, tindakan koreksi apa yang perlu dilakukan untuk mencapai standar tersebut. Sebaliknya jika standar telah tercapai dan atau terlampaui perlu ditentukan standar baru untuk peningkatan mutu selanjutnya. Demikian seterusnya tahapan dalam siklus dilaksanakan sehingga continuous quality improvement dapat terjadi dalam pelaksanaan penjaminan mutu pendidikan.


Untuk menilai efektivitas dari pelaksanaan kegiatan penjaminan mutu di Unud dilakukan pemantauan dan evaluasi. Kegiatan Monev ini dilaksanakan terutama terhadap aktivitas-aktivitas yang terkait dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Monev Pembelajaran, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat). Selain itu kegiatan Monev juga dilaksanakan terhadap program-program pengembangan yang diperoleh melalui kompetisi Hibah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti). Semuanya ini dimaksudkan agar hasil yang dicapai sesuai dengan program yang telah direncanakan.


Pada tahun 2009, telah dilakukan AMAI di tingkat fakultas di lingkungan Unud. Pada saat itu, audit difokuskan pada ketersediaan dokumen mutu di tingkat fakultas dan jurusan/program studi. Hasil audit selanjutnya dimanfaatkan oleh pihak teraudit untuk menyempurnakan dan melengkapi dokumen-dokumen mutu yang mesti disiapkan oleh fakultas dan jurusan/program studi. Kegiatan AMAI ini dilakukan untuk mengukur tingkat capaian masing-masing fakultas terhadap Standar Akademik Unud yang diterbitkan pada tahun 2008. Pengukuran dilaksanakan dengan menggunakan Rubrik yang menyediakan skor terhadap pernyataan dari masing-masing standar dihubungkan dengan capaian atau kondisi yang ada secara riil di masing-masing fakultas yang diaudit. Pada Rubrik AMAI ini disiapkan 5 (lima) kriteria capaian yang dapat ditemukan pada fakultas yang diaudit : Sangat Baik, Baik, Cukup, Kurang dan Sangat Kurang. Kelima kriteria capaian tersebut jika dikuantitatifkan ekivalen dengan skor berturut-turut : 5, 4, 3, 2 dan 1.


Dengan menggunakan kriteria pada Rubrik ini, kondisi pada masing-masing fakultas terhadap Standar Akademik Unud dapat diidentifikasi dan didata dengan lebih baik. Selanjutnya, diharapkan hasil dari pelaksanaan AMAI di tingkat fakultas ini dapat memberikan kontribusi bagi kegiatan pengembangan kualitas institusi di masa mendatang.