Jimbaran - Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Udayana selenggarakan Lokakarya Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) PT. Asuhan Universitas Udayana Tahun 2019. Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari yaitu dari 29 April s/d 30 April 2019 di Gedung MM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Kampus Sudirman Denpasar. Mengawali Lokakarya SPMI dilaksanakan deklarasi mutu serta penandatanganan Nota Kesepahaman antara kerjasama Universitas Udayana dengan 9 pimpinan PTS PT Asuh Unud 2019 yang terdiri dari (1) STIKES Advaita Medika Tabanan Bali, (2) Universitas Panji Sakti Singaraja Bali (3) STKIP Agama Hindu Singaraja Bali (4) STMIK Bandung Bali (5) Sekolah Tinggi Disain Bali (6) STMIK Syaikh Zainudin NW Lombok Timur NTB (7) STIKES Hamzar Memben Lombok Timur (8) STKIP Hamzar Lombok Utara NTB, dan(9) Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka NTT.
Acara Lokakarya dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Udayana Prof. Dr. dr. Anak Agung Raka Sudewi, Sp.S(K) yang didampingi oleh Sekretaris L2Dikti Wilayah VIII Bali dan NTB Ir. Anak Agung Ngurah Rai Indra Wardana, MT, Ketua LP3M Unud Prof. Dr. Ni Wayan Sri Suprapti, SE.,Ak.,M.Si dan Ketua pelaksana kegiatan Lokakarya Ir. I Nyoman Budiarsa, MT Ph.D. Lokakarya dihadiri oleh Para Pimpinan Rektor dan PTS PT Asuh Unud, Para Dekan, Direktur Pasca, Ketua USDI, Kepala UPT Perpustakaan, Para Ketua Lembaga di lingkungan Unud serta undangan lainya.
Rektor Universitas Udayana dalam sambutannya menyampaikan Program Asuh merupakan program Kemenristekdikti dalam peningkatan mutu pendidikan tinggi untuk membangun budaya mutu yang dilaksanakan melalui pendampingan dalam membangun, melembagakan dan memfungsikan sistem penjaminan mutu secara berkelanjutan oleh perguruan tinggi unggul kepada perguruan tinggi asuhan. Pada tahun 2019 Universitas Udayana berturut-turut menjadi salah satu perguruan tinggi yang memperoleh hibah program asuh menuju perguruan tinggi unggul yaitu pada tahun 2017 dan 2018 serta 2019. Pada tahun 2017 Unud mengasuh 5 PTS dengan 20 program studi, tahun 2018 Unud mengasuh 4 PTS dengan 25 program studi. Sedangkan, dan pada tahun 2019 ini Unud mengasuh 9 PTS dengan 21 program studi tersebar di 3 Provinsi yaitu Bali (Singaraja, Tabanan dan Denpasar), NTB (Lombok timur, Lombok Utara) dan NTT (Larantuka).
Dalam wawancara dengan Ketua pelaksana kegiatan PT Asuh Unud 2019 Ir. I Nyoman Budiarsa, MT Ph.D disampaikan; Kegiatan PT Asuh Unud 2019 seperti yang ditetapkan oleh Dirjen Belmawa, melalui capaian indikator yakni Indikator Kinerja Utama dan Indikator Kinerja Kegiatan yang mengacu pada program Penguatan Kapasitas SPMI dan Peningkatan Institusi dalam Mengelola Sistem Penjaminan Mutu Internal. Kegiatan ini terdiri dari: (1) Lokakarya SPMI, (2) Pendampingan Penyusunan Dokumen SPMI, (3) Magang dan (4) Kegiatan Monev untuk memantau dan memastikan bahwa kegiatan berjalan sesuai dengan perencanaan. Kegiatan Lokakarya SPMI dilaksanakan di 3 tempat yaitu di Denpasar, di STMIK Syaikh Zainuddin Lombok Timur NTB dan di Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka (IKTL). Lokakarya ini akan dilengkapi dengan kegiatan Pendampingan penyusunan dokumen SPMI dan Implementasi dokumen SPMI yang dilaksanakan di Denpasar dan Singaraja, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Magang yang dilakukan di PT Pengasuh Universitas Udayana. (HM)