Tingkatkan Jumlah Prodi Akreditasi Unggul, LP3M Universitas Udayana Gelar Pelatihan Penyusunan Dokumen SPMI

Denpasar - Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) menyelenggarakan pelatihan penyusunan dokumen SPMI pada hari Rabu, 14 Juni 2023 di Aula Gedung Pascasarjana Lt.3 Universitas Udayana.


 


Ketua LP3M Ir. I Nengah Sujaya, M.Agr., Sc., Ph.D. dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan SPMI merupakan kegiatan berkesinambungan yang dilaksanakan secara rutin tiap periode untuk mendukung pelaksanaan budaya mutu di Universitas Udayana. Kegiatan penyusunan dokumen ini merupakan rangkaian dari kegiatan pelatihan SPMI sebelumnya, dengan target tercapainya kelengkapan dokumen SPMI. Kegiatan ini juga akan diikuti dengan kegiatan evaluasi atau revisi standar Universitas Udayana sesuai dengan Peraturan Rektor No. 2 tahun 2023 tentang Standar Universitas Udayana.




Rektor Universitas Udayana, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU dalam sambutannya menyampaikan LP3M sebagai ujung tombak pelaksanaan SPMI, terus melalukan proses penjaminan mutu untuk peningkatan budaya mutu di Universitas Udayana. Peta jalan pengembangan universitas menuju PTN-BH dan lebih lanjut menuju internasionalisasi, sehingga perlu diperhatikan hal-hal terkait diantaranya pelaksanaan Tri Dharma PT yang terinternasionalisasi dan internasionalisasi secara kelembagaan. Oleh karena itu, Universitas Udayana yang telah Unggul secara kelembagaan, dengan lehih dari 90% Program Studi telah berpredikat unggul dan baik sekali, serta akreditasi internasional seperti AUN-QA terus didorong untuk peningkatan mutu.




Acara ini menghadirkan narasumber Sugiyono, S.Si., Ph.D dengan materi penyusunan LED dan analisis SWOT, serta Prof. Dr. Ir. I Made Karyawan Salain, DEA dengan materi profil lulusan, capaian pembelajaran lulusan (CPL), dan spesifikasi program studi. Kegiatan diikuti oleh para Koordinator Program Studi, Unit Pengembangan Pembelajaran dan Jaminan Mutu (UP3M), Tim Pelaksana Penjaminan Mutu (TPPM), dan Tim LP3M di lingkungan Universitas Udayana. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan karena berkesempatan berdiskusi dua arah untuk peningkatan pemahaman dalam penyusunan dokumen yang baik, sehingga dapat diterapkan di unit tugas masing-masing dalam penjaminan mutu internal maupun eksternal dan sebagai dokumen dalam pelaksanaan AMI.