Denpasar - Sebagai bentuk dalam merespon Revolusi Industri 4.0, Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) sebagai unit yang salah satu tugasnya sebagai Pusat Pengembangan Pembelajaran mengadakan Seminar dan Workshop pada tanggal 26-27 April 2018. Seminar dan Workshop dengan tema "Inovasi Pengembangan Konten Pembelajaran E-Learning dalam Menghadapi Globalisasi Pendidikan dan Revolusi Industri 4.0" bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas sumber daya manusia (dosen) Universitas Udayana dalam meningkatkan mutu pendidikan. Saat ini Universitas Udayana telah memiliki infrastruktur yang memadai untuk penggunaan E-Learning, namun upaya meningkatkan kualitas E-Learning baik dari teknologi dan sumber daya manusia akan menjadi perhatian khusus. Hal tersebut disampaikan oleh Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S.(K). (Rektor Universitas Udayana) dalam pembukaan Seminar di Gedung Pasca Sarjana Universitas Udayana.


Rektor dalam Pembukaan Seminar dan Workshop Elearning

Peserta dari kegiatan ini berasal dari perwakilan dosen dari seluruh program studi S1 di Universitas Udayana yang dihadiri oleh sekurangnya 120 orang dosen. Seminar yang dilaksanakan pada hari pertama bertujuan untuk meningkatkan jumlah proposal dalam pelaksanaan kuliah daring yang diselenggarakan oleh SPADA Indonesia. Narasumber pertama oleh Prof. Ir. I Made Supartha Utama, MS., Ph.D. menjelaskan upaya Universitas Udayana menuju Globalisasi Pendidikan dan Revolusi Industri 4.0. Narasumber lainnya berasal dari penerima hibah SPADA Indonesia Tahun 2017 yaitu Silvia Damayanti,S.S.,M.Hum. yang berbicara mengenai Strategi Perancangan Kurikulum Blended Learning dan I Dewa Made Bayu Atmaja Darmawan,S.Kom.,M.Cs. yang berbicara Massive Open Online Course (MOOC) Universitas Udayana dan Sosialisasi SPADA Indonesia. Sedangkan pada hari kedua, dilaksanakan workshop pengembangan video pembelajaran yang dilaksanakan di Gedung Rektorat Universitas Udayana Kampus Bukit Jimbaran, dengan pembicara I Dewa Made Bayu Atmaja Darmawan,S.Kom.M.Cs. dan I Gede Sukadarmika,S.T.,M.Sc.

Kegiatan Seminar dan Workshop berjalan dengan baik, hal ini diperlihatkan dari antusias para peserta dalam berdiskusi selama kegiatan berlangsung. Output kegiatan ini adalah dosen mampu membuat proposal kuliah daring SPADA Indonesia dan mampu membangun video pembelajaran hingga mempublikasikannya dan menggunakan video tersebut pada sistem E-Learning (http://mooc.unud.ac.id). Prof. Dr. Ni Wayan Sri Suprapti, S.E., M.Si. (Ketua LP3M) dalam penutupan kegiatan menyampaikan komitmennya dalam pengembangan metode pembelajaran E-learning dan meminta kepada seluruh peserta agar dapat bersama-sama mengembangkan metode pembelajaran E-Learning. Sehingga, cita-cita Universitas Udayana menuju World Class University dapat segera terwujud melalui peningkatan kualitas pembelajaran.   

Pemaparan Materi oleh Narasumber