Solo/Yogya – Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Udayana melakukan benchmarking ke Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, (8/11) dalam rangka internasionalisasi program studi, dan penguatan SPMI di Universitas Udayana. Dipilihnya UNS Sola mengingat UNS merupakan salah satu universitas yang telah memiliki Certificate of AUN-QA Associate Membership sejak September 2016 dan juga telah memperoleh Certificate of Registration bsi, di samping itu 4 Program Studinya juga telah tersertifikasi AUN-QA. Rombongan Unud yang dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng dan Ketua LP3M Unud diterima oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Drs. Sutarno, M.Sc.,Ph.D dan Ketua Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNS Solo, Prof. Ir. Muhammad Nizam, MT.,Ph.D.,MIEEE.IPM. Dalam kunjungan ke UNS Solo ini Tim Unud memperoleh informasi tentang stretegi membangun budaya mutu untuk menunjang sertifikasi internasional, begitu juga tentang implementasi SPMI dan proses pemantauannya serta penerapan Surat Keterangan Pendamping Ijazah.

Benchmarking dilanjutkan ke Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta (9/11), rombongan Unud diterima oleh Kepala Kantor Jaminan Mutu (KJM) UGM, Prof. Dr. Indra Wijaya Kusuma, M.B.A. UGM merupakan salah satu universitas yang 41 Prodinya telah memperoleh sertifikat AUN-QA dan 22 Prodi terakreditasi Internasional serta tidak ada Prodi yang terakreditasi C. Dalam kunjungan ini dilakukan sharing session terkait SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) dan AMI (Audit Mutu Internal) serta kebijakan dan strategi untuk penguatan penjaminan mutu di Universitas Udayana.
Dalam kesempatan ini Tim Unud memperoleh informasi terkait implementasi Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi UGM, Siklus Penjaminan Mutu Internal, Tahapan SPMI UGM, Evaluasi Diri Program Studi, AMI terintegrasi, Tahapan Persiapan Akreditasi, Tahapan Membangun Budaya Mutu dan Cita-cita Implementasi SPMI UGM.
Usai melakukan benchmarking ke dua Universitas ternama di Indonesia tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik langsung menggelar rapat dengan Ketua LP3M dan seluruh tim yang hadir untuk membahas langkah-langkah kedepan yang akan dilakukan dalam upaya penguatan SPMI di Universitas Udayana. Wakil Rektor berharap melalui kegiatan ini diharapkan dapat mendukung percepatan internasionalisasi program dan penguatan SPMI di Universitas Udayana. (HM)