Denpasar-Rabu, (04/07/2018). Perguruan tinggi sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi memiliki kewajiban untuk melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dalam usaha untuk menjamin dan meningkatkan mutu perguruan tinggi. Dalam siklusnya menjadi 4 bagian, yaitu penetapan standar, pelaksanaan standar, Evaluasi, pengendalian pelaksanaan standar dan peningkatan standar.

Pelaksanaan standar mutu yang ditetapkan oleh perguruan tinggi dievaluasi melalui audit mutu internal. Pelaksanaan audit dilakukan untuk mengetahui apakah kegiatan pendidikan yang dilaksanakan telah sesuai dengan standar yang ditetapkan. Hasil dari audit mutu internal yang menggambarkan kondisi mutu masing-masing unit kerja yang diaudit dapat dijadikan pertimbangan dalam menentukan usaha perbaikan mutu yang harus dilaksanakan, dan pada akhirnya sebagai bahan untuk mengevaluasi standar mutu itu sendiri.

Ir. I Nyoman Budiarsa, MT., Ph.D selaku ketua panitia menyampaikan bahwa Pelatihan ini merupakan bentuk continuous improvement dari sistem penjaminan mutu Internal yang dilaksanakan LP3M Unud. Tujuan pelatihan Audit Mutu Internal (AMI) ini adalah melatih peserta (Dosen) melaksanakan Audit Mutu Internal dengan melakukan verifikasi kesesuaian antara pelaksanaan SPMI dengan SN Dikti dalam rangka mendapatkan rekomendasi ruang peningkatan mutu. Selain melatih dosen menjadi auditor internal tingkat program studi dan fakultas, pelatihan AMI juga bertujuan mengkader auditor internal baru, meningkatkan mutu prodi menuju akreditasi prima



Kegiatan berlangsung selama dua hari, yaitu rabu dan Jumat (4-6/07/2018) yang diikuti oleh 40 Orang peserta, terdiri dari ketua/perwakilan  unit penjaminan mutu dari masing-masing fakultas (UPMF), tim LP3M dan Peserta Magang Prog. Asuh PT Unggul (Universitas Mahasaraswati Mataram, Universitas NTB Mataram, STKIP Yapis Dompu, IKIP Maumere) 




Sebagai Fasilitator/Narasumber pada kegiatan ini adalah narasumber-narasumber yang sudah bereputasi/bertaraf nasional seperti; Prof. Dr. L. Hartanto Nugroho, M.Agr (UGM), Prof. Dr. Drh. Nyoman Sadra Dharmawan, MS (UNUD),  dan Dr. I Wayan Suardana, SST, Par.,M.Par. (UNUD). Pelatihan dilakukan dalam tiga tahapan  kegiatan yaitu, presentasi fasilitator dan diskusi, praktik Audit Mutu Internal ke lapangan dan terakhir dilakukan presentasi hasil praktik audit. Diharapkan melalui kegiatan ini peserta dapat memahami manajemen audit internal, teori perencanaan serta teori pelaksanaan AMI. Tidak kalah penting para auditor internal harus mampu melaksanakan audit internal akademik, analisis hasil audit, dan menulis laporan audit internal