(LP3M UNUD) Setelah sukses di tahun 2017, Universitas Udayana (Unud) sebagai salah satu universitas yang berstatus unggul (ter-akreditasi A) untuk kali kedua kembali dipercaya oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk menyelenggarakan kegiatan Program Asuh Menuju Prodi Unggul Tahun 2018 (Program Asuh PT Unggul). Kegiatan Program Asuh PT Unggul ini bertujuan untuk membina dan meningkatkan akreditasi program studi (prodi) yang masih berstatus akreditasi C. 
Empat perguruan tinggi yang dipilih untuk dibina dan didampingi oleh Unud di tahun 2018 meliputi, Universitas Mahasaraswati Mataram, Universitas NTB Mataram, STKIP Yapis Dompu, dan IKIP Muhammadiyah Maumere yang beberapa Prodinya masih ter-akreditasi C.
Kegiatan pendampingan implementasi SPMI pertama diadakan secara bersamaan di tiga PT Asuhan Unud yaitu di Universitas Mahasaraswati Mataram, Universitas NTB Mataram, dan STKIP Yapis Dompu mulai tanggal 3-5 mei 2018 sedangkan untuk IKIP Muhammadiyah Maumere menyusul tanggal 11-13 mei 2018.

Kegiatan PT Asuh di Mataram di buka langsung oleh Rektor Unud Prof. Dr.dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S (K) yang juga dihadiri oleh Koordinator Kopertis Wil. VIII, Rektor Univ. Mahasaraswati dan Rektor Univ NTB. Rektor unud Dalam sambutannya menyatakan bahwa sangat Bersyukur Unud untuk ke dua kalinya dipercaya kembali oleh Ditjen Belmawa Dikti sebagai salah satu Perguruan Tinggi Pengasuh. Melalui program ini, Unud akan berbagi pengalaman dan best practice yang mungkin bisa diadopsi oleh saudara-sauadara PTS yang diasuh. Mari bersama membangun bangsa ini dengan berkontribusi pada proses pendidikan tinggi yang bermutu.
Menurut Prof. Dr. Ni Wayan Sri Suprapti, SE., M.Si. Ketua LP3M Unud dan selaku ketua pelaksana kegiatan PT Asuh Unud “pendidikan tinggi yang bermutu akan dapat dicapai apabila PT tersebut sudah dapat menerapkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang baik. Peningkatkan mutu program studi dapat dilaksanakan secara internal oleh PT yang bersangkutan, dikontrol dan diaudit secara rutin, sehingga obyektifitas penilaian terhadap pemeliharaan dan peningkatan mutu akademik secara berkelanjutan di suatu perguruan tinggi dapat terwujud dan secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap peningkatan akreditasinya”. Ditambahkan pula “Pendidikan tinggi merupakan salah satu jalur untuk meningkatkan derajat bangsa agar mampu bersaing di kancah pergaulan dunia. Sebagai insan yang berkecimpung di dalamnya, sudah sepatutnya kita bahu membahu agar berkontirbusi dalam peningkatan proses pendidikan tinggi yang bermutu. Dengan pendidikan yang bermutu, kita akan menghasilkan lulusan yang bermutu pula dan siap bersaing dalam dunia kerja yang tuntutannya makin tinggi”.

Kegiatan ini disambut antusias oleh seluruh peserta yang terdiri dari jajaran pimpinan universitas, dekan, kaprodi, lembaga penjaminan mutu, serta dosen dari berbagai fakultas. Mereka berharap kegiatan pengasuhan ini tidak hanya berhenti sampai kegiatan ini berakhir, melainkan bisa dilanjutkan di kemudian hari dalam agenda kegiatan lainnya karena pada dasarnya menuju pendidikan yang bermutu merupakan proses yang tiada henti, sesuai dengan apa yang disebut dengan quality improvement.
Kegiatan Lokakarya SPMI dalam rangka program PT Unggul di Mataram (3-5 Mei 2018)

Kegiatan Lokakarya SPMI dalam rangka program PT Unggul di Dompu (3-5 Mei 2018)


Kegiatan Lokakarya SPMI dalam rangka program PT Unggul di Maumere 11-13 Mei 2018)