LP3M Unud Selenggarakan Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Universitas Udayana menyelenggarakan Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang bertempat di Aula Gedung Pascasarjana Lt.3 Kampus Unud Sudirman Denpasar, Jumat (28/4/2023). Pelatihan ini dibuka oleh Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Ir. I Nengah Sujaya.,M.Agr,Sc., Ph.D.

 

Ketua Panitia Ir. Ida Bagus Wayan Gunam, MP., Ph.D dalam laporannya menyampaikan Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal di lingkungan Universitas Udayana bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan implementasi penjaminan mutu dalam penyelenggaraan Pendidikan Tinggi. Kegiatan Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal akan ditindaklanjuti dengan penyusunan dokumen Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Audit Mutu Internal.

 

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Ir. I Nengah Sujaya, M.Agr.Sc., Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan, peran penting dalam Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal di lingkungan Universitas Udayana untuk mendorong terciptanya budaya mutu dan penjabaran PPEPP lima tahapan dalam siklus SPMI, yaitu Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan Standar. Setiap tahapan memiliki peran yang penting dalam memastikan bahwa sistem manajemen mutu yang diterapkan oleh perguruan tinggi sudah sesuai dengan SN-Dikti di lingkungan Universitas Udayana.

 






Pelatihan SPMI diikuti oleh para Koordinator Program Studi, Unit Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Fakultas/Tim Pelaksana Penjaminan Mutu dan Tim LP3M. Dalam kegiatan Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal, Narasumber yang hadir dan memberikan materi 1) Prof. Dr. Laurentius Hartanto Nugroho, M.Agr. dengan materi Praktik Baik Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal di UGM Menuju Internasionalisasi Program Studi, 2) Prof. Dr. drh. Nyoman Sadra Dharmawan, M.S. dengan materi Kebijakan Sistem Penjaminan Mutu Internal Dikti, Standar Nasional Dikti dan Evaluasi Pelaporan Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal, 3) Ir. I Nengah Sujaya, M.Agr.Sc., Ph.D. dengan materi Kebijakan Sistem Penjaminan Mutu Internal Unud, 4) Prof. Dr. Ir Ni Nyoman Suryani M.Si. dengan materi Manual Sistem Penjaminan Mutu Internal, 5). Dr. Ni Nyoman Seri Malini., S.S., M.Hum. dengan materi Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal 6). Dr. Ni Luh Gede Astariyani, SH., MH. dengan materi Formulir Sistem Penjaminan Mutu Internal.

 

Para pembicara dan peserta sangat antusias mengikuti kegiatan Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal, karena mempunyai kesempatan untuk lebih memahami Sistem Penjaminan Mutu Internal dan akan menerapkannya dalam penyelenggaran Pendidikan di setiap aras Pendidikan dan akan terwujud dalam Sistem Penjaminan Mutu Eksternal.