Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Udayana selenggarakan Lokakarya Pembelajaran Berbasis Outcome Based Education (OBE) di Aula Pascasarjana Universitas Udayana, Kamis (16/5/2019).
Lokakarya ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka menuju akreditasi internasional dan sertifikasi AUN.
Kegiatan ini merupakan yang kedua, sebelumnya telah dilaksanakan pelaksanaan kegiatan IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education) berupa kegiatan sosialisasi akreditasi internasional. Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M. Eng. memberikan sambutan sekaligus membuka acara lokakarya tersebut. Prof. Antara menegaskan Outcome Based Education (OBE) merupakan kegiatan yang sangat penting karena berkaitan dengan akreditasi institusi yang akan dilakukan pada tahun 2021 oleh Universitas Udayana. Sistem ini merupakan sistem yang baru dari berbasis input menjadi berbasis outcome dan merupakan hal yg harus siberikan perhatian khusus.
Turut hadir dalam kesempatan ini Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Para Dekan, Direktur Pascasarjana, Ketua LPPM, Ketua USDI, Para Wakil Dekan Bidang Akademik, Koordinator Program Studi, Ketua Taskforce, Tim narasumber pendidikan jarak jauh serta menghadirkan Dr. Ir. Syamsul Arifin, MT sebagai narasumber.
Ketua LP3M Prof. Dr. Ni Wayan Sri Suprapti, S.E., M.Si berharap prodi-prodi yang akan ditargetkan akreditasi dan sertifikasi internasional agar segera merevisi kurikulumnya untuk menyiapkan self assessment report. Program studi yang berstatus AUN pada gelombang pertama saat ini ada 4 yaitu Kedokteran Hewan, Sastra Inggris, Teknik Mesin dan Ekonomi Pembangunan. Sedangkan gelombang ke 2 terdapat 4 program studi yaitu Manajemen, Pendidikan Dokter, Agribisnis dan Arsitektur. sedangkan pada IABEE terdapat Program Studi Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin dan Teknik Pertanian. (HM)