Latar Belakang

            Perguruan tinggi sebagai tempat sarana pembelajaran generasi penerus bangsa yang dituntut melahirkan sumber daya manusia yang terdidik dan berkualitas. Seperti yang di amanatkan dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan  Nasional  Pasal  1  dan  Peraturan  Pemerintah  Republik  Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 Pasal 1 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan mendefinisikan bahwa pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Dengan diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, maka mendorong semua perguruan tinggi untuk menyesuaikan diri dengan ketentuan tersebut dan dengan disahkannya Permenristekdikti 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional  Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) terutama dalam bab 1 Pasal 4 diuraikan Standar Nasional Pendidikan sebagai kriteria minimal  tentang pembelajaran pada jenjang pendidikan tinggi di perguruan tinggi di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia

            Keberhasilan proses pendidikan di perguruan tinggi dipengaruhi oleh banyak faktor yang saling berkaitan satu dengan yang lain. Salah satu faktor tersebut adalah dosen. Berdasarkan UU No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen yang tercantum dalam Bab I pasal 1 ayat 2, pengertian dosen adalah seorang pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Sebagai tenaga pendidik dan pengajar, seorang dosen memiliki kewajiban untuk menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis, dan dialogis, mempunyai komitmen secara profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan dan memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan sesuai dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya. Dosen yang profesional adalah yang melakukan pekerjaan sebagai sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.

            Dalam rangka peningkatan profesionalisme, peningkatan keterampilan dan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang pendidik atau dosen, yaitu keterampilan menerapkan teori belajar, membuat rancangan pelaksanaan program pembelajaran, menyampaikan materi perkuliahan dan merencanakan serta melaksanakan penilaian hasil belajar maka Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unud menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pembelajaran Kurikulum Pendidikan Tinggi (P2KPT) yang menggabungkan program Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI), dengan program Applied Approach (AA) dengan pengembangan pembelajaran dan kurikulum dalam sebuah kegiatan pelatihan. Kegiatan ini ditujukan dalam rangka peningkatan kompetensi dosen yang akan memberi perkuliahan mulai dari materi Sistem Pendidikan Tinggi, model dan strategi pembelajaran, sampai dengan menyusun rancangan pembelajaran dan praktik pembelajaran. Penyelenggaraan kegiatan P2KPT memberikan pelatihan bagi dosen bagaimana cara-cara meningkatkan pemahaman terhadap Standar Nasional Pendidikan Tinggi, pengembangkan kompetensi lulusan, keterampilan dalam merancang, mengelola dan menilai pembelajaran dalam Rencana pembelajaran semester (RPS) serta memanfaatkan hasil-hasil penelitian untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Peningkatan kompetensi dosen melalui program P2KPT ini sangat penting karena dosen merupakan salah satu komponen yang sangat beperan dalam proses pembelajaran dan secara langsung mempengaruhi peningkatan mutu belajar mahasiswa

Tujuan Umum:

            Tercapainya tujuan penerapan sistem pendidikan Pendidikan Tinggi yang berperan strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, dan memajukan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, sehingga Tercapai mutu pembelajaran pada program studi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan di Universitas Udayana  dan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dalam SN-DIKTI


Tujuan kegiatan Pelatihan Pembelajaran Kurikulum Pendidikan Tinggi (P2KPT) yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unud adalah agar peserta pelatihan (dosen) mampu:  

  1. Memberi peningkatan kompetensi profesional dosen dalam memangku jabatan fungsioal, terutama dalam peningkatan ketrampilan pedagogis
  2. Mengembangkan sistem pembelajaran berbasis capaian pembelajaran dan mengelolanya secara dinamis sesuai dengan yang telah dirumuskan dalam jenjang kualifikasi KKNI dalam pengembangan kurikulum berdasarkan SN Dikti
  3. Merancang program pembelajaran dalam rencana pembelajaran semester (RPS) yang simpel, informatif dan komprehensif
  4. Menguasai dan mengimplementasikan keterampilan dasar mengajar, dasar-dasar komunikasi, ICT, soft skill dan pendidikan karakter serta Etika Moral dalam Proses Pembelajaran termasuk Plagiarism
  5. Melaksanakan pembelajaran berdasar-kan paradigma baru pembelajaran di Perguruan Tinggi, isu terkini dalam proses pembelajaran (integrasi hasil penelitian dan pengabdian dan pembangunan berkelanjutan)
  6. Merancang dan melaksanakan Mekanisme dan Prosedur Penilaian Pembelajaran melalui Pendekatan dalam Penilaian, Teknik dan Instrumen Penilaian
  7. Merancang, menyusun dan mengembangkan bahan ajar

        Kegiatan Pelatihan Pembelajaran Kurikulum Pendidikan Tinggi (P2KPT) reguler di Universitas Udayana berlangsung dari tanggal 23-27 Juli 2018. Selama 5 hari  dilakukan dengan acara tatap muka dengan materi dari narasumber, kegiatan mengajar (micro teaching) dan tugas program pembelajaran dalam rencana pembelajaran semester (RPS).


Materi dapat di unggah di page "Downloads-> Materi Kegiatan-> Materi-P2KPT"

Jadwal dan Daftar peserta dapat dilihat di dokumen pdf dibawah ini.

Surat Pengantar
Daftar Nama Peserta P2KPT (1-5 Juli 2019)
Format Surat Pernyataan
Jadwal Acara
Tata Tertib
Template RPS
Format Laporan Akhir