Denpasar – Selasa, 01 Mei 2018, bertempat di Arjuna Room Grand Santhi Hotel Denpasar, Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Udayana selenggarakan "Workshop Penyusunan Self-Assessment Report ASEAN University Network Quality Assurance (SAR AUN-QA)". Workshop diikuti Pimpinan Program Studi yang diusulkan mengikuti AUN-QA beserta Kaprodi dan Task Force prodi yang akan mengikuti AUN-QA Gelombang II. kegiatan ini menghadirkan Prof. Dr. Ir. Harinaldi, M.Eng (Direktur Pendidikan Universitas Indonesia) sebagai narasumber.
I Wayan Gede Astawa Karang., S.Si., M.Si., Ph.D selaku Ketua Panitia menyampaikan, dalam mewujudkan visi Universitas Udayana sebagai perguruan tinggi berstandar internasional, perlu diupayakan internasionalisasi terhadap program studi. Untuk itu Workshop yang diikuti oleh program studi yang telah terakreditasi A oleh BAN-PT dan berminat mengajukan sertifikasi A ke AUN-QA sangat penting diperlukan, di samping itu workshop ini juga bertujuan memberikan informasi tentang penyusunan learning outcomes dan kaitannya dengan Standar Nasional Dikti, KKNI dan Asosiasi Prodi. Output dari kegiatan ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang harus dilakukan baik untuk Self-Assessment Prodi maupun cara mereview Self Assesssment Report suatu Prodi.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng menyampaikan, program internasionalisasi tidak hanya difokuskan pada sertifikasi saja, akan tetapi dilaksanakan juga internasionalisasi di bidang riset dan publikasi bersama. Sesuai dengan peta jalan internasionalisasi, universitas akan mengirim maksimum empat program studi untuk mengikuti sertifikasi internasional setiap tahunnya.
Untuk gelombang pertama, Program Studi yang diajukan adalah Sastra Inggris, Teknik Mesin, Kedokteran Hewan dan Ekonomi Pembangunan. Selanjunya pada gelombang kedua Program Studi yang akan diajukan adalah Arsitektur, Manajemen, Pendidikan Dokter dan Agribisnis. Untuk Program Studi yang telah diajukan diharapkan mengusulkan konsultan untuk mendampingi.
Materi yang disampaikan narasumber meliputi penyusunan Expected Learning Outcome (ELO), PDCA Approach to Self-Assessment at Program Level dan Penulisan Self-Assessment Report (SAR) Program Studi dan Review. (HM)