Denpasar - Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Udayana, menyelengarakan "Pelatihan Pembelajaran Kurikulum Pendidikan Tinggi (P2KPT/PEKERTI-AA)" Senin (23/07/2018) di Gedung BI Lt. 3 Fakultas Ekonomi Universitas Udayana Kampus Unud Sudirman. Pelatihan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., dan berlangsung selama 5 (lima) hari yang diikuti para Dosen di lingkungan Universitas Udayana.
Ketua Panitia, Prof. Dr. Ir. G.P. Ganda Putra, MP menyampaikan pelatihan ini merupakan pengabungan program Pekerti dan AA yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dosen terutama dalam memberikan kuliah. Materi yang diberikan meliputi Sistem Pendidikan Tinggi, Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) dan Sistem Pembelajaran. Metode pelatihan meliputi tatap muka, pelatihan, praktek mengajar dan presentasi. Pelatihan kali ini diikuti 41 orang peserta yang merupakan dosen dari Fakultas dan Pascasarjana Universitas Udayana. Setelah mengikuti pelatihan peserta akan menerima sertifikat yang merupakan salah satu syarat untuk pengajuan kenaikan pangkat dan serdos.
Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada LP3M yang telah melaksanakan kegiatan pelatihan. Disampaikan pula bahwa ada empat hal yang ingin dilakukan dalam beberapa tahun kedepanyaitu perbaikan sarana dan prasarana, peningkatan kapasitas SDM, memperbaiki tata kelola, dan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Peningkatan kualitas SDM melalui pelaksanaan pelatihan akan sangat membatu terutama terkait dengan proses pengajuan kenaikan pangkat. Dari hasil audit ditemukan masih banyak dosen yang belum naik pangkat yang kemungkinan diakibatkan belum memiliki sertifikat P2KPT. LP3M Unud sudah ditugaskan untuk terjun kelapangan untuk mengecek jumlah dosen yang belum memiliki sertifikat PEKERTI-AA. (HM)