Jimbaran - Selasa, (03/07/2018) Universitas Udayana menerima magang perwakilan 4 PTS serangkaian Program PT Asuh Ristekdikti. Keempat PTS tersebut terdiri dari Universitas Mahasaraswati Mataram, Universitas Nusa Tenggara Barat, Universitas STKIP Yapis Dompu dan IKIP Muhamadiyah Maumere. Peserta magang diterima oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gede Antara, M.Eng didampingi Ketua LP3M, Ketua LPPM, Kepala UPT Perpustakaan, Sekretaris LP3M dan Kepala USDI serta Tim Pendamping.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gede Antara, M.Eng didampingi Ketua LP3M menerima peserta magang perwakilan dari empat PT. Asuhan Unud

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gede Antara, M.Eng menyampaikan Universitas Udayana mendapat tugas sebagai PT Asuh untuk mendampingi Universitas dalam hal ini empat PTS yang minimal telah memiliki 26 Prodi, program tersebut dilaksanakan dalam rangka peningkatan akreditasi. Dalam proses magang diharapkan perwakilan PTS dapat melihat langsung Prodi yang telah terakdreditasi A atau B di Universitas Udayana serta berkesempatan mengunjungi sarana dan prasarana terkait pelaksanaan akreditasi. Wakil Rektor berharap melalui kegiatan ini PTS memiliki pemahaman akan pentingnya sarana dan prasarana dalam rangka mendukung akreditasi Prodi. Wakil Rektor juga memberikan apresiasi kepada Tim LP3M Unud yang telah melaksanakan kegiatan ini.
Ketua LP3M Unud, Prof. Dr. Ni Wayan Sri Suprapti, S.E., M.Si menambahkan kegiatan magang ini merupakan rangkaian program PT Asuh Unggul yang dipercayakan kepada Unud sebagai salah satu Universitas terakreditasi A. Program ini sudah berjalan selama dua tahun dan saat ini Unud telah mengasuh empat PTS. Tujuan dari program ini adalah untuk membina PTS dalam mencapai nilai akreditasi yang lebih baik minimal B. Untuk itu secara konsisten harus menjalankan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang merupakan suatu sistem bagi Perguruan Tinggi dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Standar Nasional Perguruan Tinggi. Jika telah dilaksanakan secara konsisten, hal ini dapat menjadi bahan penilaian BAN-PT yakni Sistem Penilaian Eksternal.
Lebih lanjut Prof. Sri Suprapti menyampaikan pendampingan ini mulai dilaksanakan pada akhir bulan April 2018 dan akan berakhir pada bulan Oktober 2018. Untuk mendukung hal tersebut telah dirancang dua kegiatan besar yakni peningkatan kapasitas penjaminan mutu dan kapasitas kelembagaan. Terdapat empat aktivitas yang telak dilaksanakan antara lain Lokakarya SPMI dengan mendatangkan narasumber Unud ke PTS, dan dilanjutkan dengan menyusun standar-standar. Selanjutnya dilakukan pendampingan, dan tahapan selanjutnya adalah mengundang perwakilan PTS tersebut ke Unud untuk memperoleh wawasan pelaksananan penjaminan mutu di Unud. Hasil yang diperoleh diharapkan dapat diadopsi dan dilaksanakan di Prodi di masing-masing universitas. Hal terakhir yang akan dilaksanakan dalam program ini adalah monitoring dan evaluasi untuk melihat sejauh mana program telah diimplementasikan. (HM)

Suasana saat penerimaan peserta magang dari PT Asuhan ke Universitas Udayana

kunjungan ke Perpustakaan Pusat Unud yang diterima langsung oleh Ketua Perpustakaan Unud

Kunjungan peserta magang ke LPPM yang diterima langsung oleh Ketua LPPM Unud

Kunjungan peserta magang ke USDI yang diterima langsung oleh ketua USDI